Sekilas Lintas Dangiang

Kabupaten Galuh yang sekarang menjadi Kabupaten Ciamis adalah salah satu kabupaten yang masuk kedalam wilayah provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berada di bagian tenggara Jawa Barat, berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan di utara. Kabupaten cilacap (jawa tengah) dan kota Banjar timur, Samudra Hindia di selatan, serta kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya di barat. Kabupaten Ciamis terdiri atas 36 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan, dan pusat pemerintahan di kecamatan Ciamis.

Kecamatan Banjar yang dulunya bagian dari Kabupaten Ciamis, ditingkatkan statusnya menjadi kota administratif, dan sejak tanggal 11 desember 2002 ditetapkan menjadi kota (otonom) yang terpisah dari Kabupaten Ciamis. Sejak sekira 9 tahun terdapat wacana untuk memekarkan lagi Kabupaten Ciamis (pasca berpisahnya Banjar dan sekitarnya menjadi kota definitif), yaitu dengan membuat Kabupaten Ciamis Selatan meliputi paro selatan kabupaten induk. Namun hal ini masih terus dibahas di DPRD kabupaten Ciamis, mengingat adanya pengetatan aturan untuk pelaksanaan pemekaran suatu daerah administratif. (Provinsi maupun Kabupaten/Kota). Dan hal ini dimaklumi, oleh karena membentuk sebuah daerah administratif baru akan menguras dana yang besar, sementara APBN (dari pusat) dan APBD (dari Provinsi) selayaknya harus dijalurkan kepada hal-hal yang lebih mendesak.

Otobiografi

Sebagian besar wilayah kabupaten Ciamis berupa pegunungan dan datar tinggi, kecuali diperbatasan dengan Jawa Tengah bagian selatan, serta sebagian wilayah pesisir, Pantai selatan Ciamis bagian timur berupa Teluk, diantaranya Teluk Pangandaran, Teluk Parigi, dan Teluk Pananjung. Dan Pantai Pangandaran merupakan salah satu tujuan wisata utama di Kabupaten Ciamis.

Batas Wilayah

Batas wilayah Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kuningan dan Majalengka, Samudra indonesia, Kabupaten Tasikmalaya.

Transportasi

Ibu kota Kabupaten Ciamis berada dijalan lintas jalur (Bandung-Yogyakarta-Surabaya) Kabupaten ini juga dilintasi jalur kereta api lintas selatan, dengan stasiun terbesarnya di Ciamis. Dibagian selatan kabupaten terdapat sebuah lapangan terbang perintis, dinamai Nusawiru, tadinya ditujukan untuk membuka lebar peluang pariwisata (Pangandaran dan sekitarnya) dan investasi di pesisir selatan. Namun kini terkesan kurang dirawat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s